Senin, 14 Januari 2019

Jenis Cedera Lutut yang Terjadi saat Melakukan Olahraga

Salah satu aktivitas yang memiliki risiko terjadinya cedera lutut adalah olahraga. Ketika Anda tidak berhati-hati atau ada kondisi yang membuat kaki terjatuh dan mengenai bagian lutut, saat itulah cedera dapat terjadi. Ini jenis cedera pada lutut yang sering terjadi saat melakukan olahraga.


Keseleo atau Terkilir
Jenis cedera yang terjadi saat melakukan olahraga adalah keseleo. Cedera ini terjadi karena ligamen yang ada di lutut mengalami luka. Ligamen memiliki fungsi melindungi tulang dan bagian sendi yang ada di lutut.  Selain itu juga berfungsi untuk membuat bagian sendi menjadi fleksibel dan luntur. Ketika mengalami keseleo, maka pergerakan lutut menjadi susah.

Cedera jenis ini biasanya terjadi ketika terjatuh atau pun saat kesalahan saat mendarat. Biasanya jenis cedera ini dialami oleh Anda yang melakukan olahraga basket dan sepak bola. Cedera ditandai dengan kemerahan pada bagian lutut dan mengalami nyeri.

Nyeri Bantalan Sendi Lutut
Cedera yang juga sering terjadi saat melakukan aktivitas olahraga adalah nyeri pada bantalan sendi lutut. Nyeri ini terjadi karena tekanan besar yang terjadi pada bagian lutut Anda. Bantalan ini yang bekerja untuk mencegah lutut mengalami benturan.

Gesekan pada bagian tulang lutut dan sekitarnya dicegah oleh bantalan ini. Ketika cedera ini terjadi akan terasa sangat nyeri, lutut menjadi kaku, dan bengkak. Anda yang mengalami cedera ini juga disertai dengan luka di bagian luar.

Patah Tulang
Cedera lutut yang juga sering terjadi saat melakukan olahraga adalah patah tulang. Ini biasanya terjadi pada jenis olahraga sepak bola dan futsal. Bagian tulang yang patah adalah tulang tempurung di bagian sendi lutut. Patah tulang ini membuat Anda harus segera mendapatkan penanganan dokter tanpa bisa ditunda.

Jika penanganan dilakukan semakin lama, risikonya akan semakin parah. Salah satu tindakan yang akan dilakukan adalah operasi total penggantian bagian tempurung. Operasi akan dilakukan setelah melewati berbagai proses pemeriksaan.

Dislokasi
Diskolasi merupakan jenis cedera yang di mana posisi tulang lutut tidak pada tempatnya. Ini bisa terjadi sebagian atau pun keseluruhan bagian lutut. Struktur lutut tidak lagi berada pada keadaan yang normal. Cedera ini membutuhkan penanganan lebih lanjut dengan melakukan operasi agar dapat mengembalikan posisi tulang seperti normal.

Cedera ini terjadi karena adanya benturan antara tulang paha dan tulang kering yang dampaknya ke bagian sendi lutut. Ini bisa saja terjadi saat melakukan olahraga Anda terjatuh karena terpeleset. Cedera ini biasanya membuat Anda tidak dapat menggerakkan kaki beberapa saat.

Saat melakukan aktivitas olahraga yang berisiko seperti basket dan futsal, sebaiknya menggunakan pengaman di bagian lutut. Pengaman ini terbuat dari busa atau kain yang tebal. Jika Anda mengalami cedera lutut segera lakukan pemeriksaan atau lakukan konsultasi ke dokter.my untuk mendapatkan solusi pengobatan terbaik.

About Author

Shinobi Batuahku
Shinobi Batuahku

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet nostrum imperdiet appellantur appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.